Minggu, 30 Oktober 2011

Si Kologi

Entah kenapaPsikologi selalu identik dengan tes psikologi, orang ‘gila’, atau Guru BK.Padahal bidang psikologi itu luas, seluas sawah membentang. Ada psikologiperkembangan yang membahas perkembangan manusia dari mulai bayi sampe tuaBangka, psikologi pendidikan yang salah satunya membahas gaya belajar, pskologiindustry organisasi yang salah satunya membahas pengembangan sumber dayamanusia dala lingkup industry maupun organisasi, psikologi klinis yang salahsatunya mempelajari bagaimana kita bisa stress, dan psikologi social yang salahsatunya membahas mengenai engapa orang ada yang agresif tapi ada juga yang sukanolong. So, selama ada manusia, di situlah psikologi aka nada.
Bentar, tau gapsikologi itu apaan? Bukan bukan psikologi itu bukan ilmu tentang perdukunan.Sering orang-orang mengira psikologi itu ilmu tentang perdukunan, meskipun adapembahasan di sana.  Seperti ketikaketemu ma serombongan ibu-ibu di stasiun Poncol ketika aku akan pulang.
Tapi sekali lagilulusan psikologi itu gak jadi dukun. Bukan. Lulusan psikologi itu bukan dukun.Baik, gini pskologi dari akar katanya diambil dari psiko inget psiko bukanposko apalagi psikokamling, bukan, psko diambil dari bahasa Yunani psyche yangartinya jiwa, dan logi yang diambil dari bahasa Yunani juga logos yang artinyailmu, jadi psikologi adalah ilmu yang mempelajari jwa. But, kenyataannyaternyata dang a tau ceritanya gimana tiba-tiba psikologi adalah ilmu yangmempelajari tentang perilaku bukan jiwa. Aneh bukan?
Dari yang akupelajari sih permasalahannya pada pengukurannya pada konteks ilmiah, yak arenapsikologi ga kaya kimia, kaya ilmu kedokteran, apalagi kaya teknik, so perilakudianggap sebagai manifestasi dari jiwa itu sendiri yang bisa diterima olehpancaindra manusia. Ya sudah lah kita gak usah berpanjang lebar membahas ini,selain bukan tempatnya, juga bagi pemula akan semakin pusing membahas hal-haltersebut. Aku juga sangat pusing memikirkannya. dan aku bisa stres.
Oya berbicara tentang stres, jangan dikira orang psikologi itu ga bisastress. Aku pernah nanyain ini ke dosen, dan jawaban mereka intinya sama, bahwaorang psikologi juga manusia. Bukan dewa atau makhluk apapun. Meskipun kami memplejari apa itu stres, toh kami tetep keserang stres. 
Buat ngatasin stres dala psikologi ada yang namanya coping, ada dua jenis coping, yaitu problem focus coping dan emotional fokus coping. Klo kita stres karena ditagihin utang terus milih cuci mata ke mall itu namanya emotional focus coping. Klo kemudian kita lunasin tu utang atau lobi minta keringanan tu namanya problem focus coping.
Berbicara tentang cuci mata, aku punya cerita waktu kuliah filsafat manusia. 
Pak Dosen : klo kamu stres suka cuci mata ke mana?
Aku : Gramedia, pak
Pak Dosen : hmmm, boleh dong besok saya ikut? klo kamu (sambil nunjuk temenku sebelah, Amin (namanya Amin))
Amin : (masih bingung), eh?
Aku : kamu klo ge stres suka cuci mata ke mana?
Amin : Oh, pake insto Pak
Aku : (tepuk jidat)
Sontak aja se kelas pada ketawa, seperti biasa, karena Amin tu temenku yang polos banget jadi cuman ngerespon "Apa sich?"
Pernah suatu kali kuliah Psikologi Eksperimen.Seperti biasa aku dan beberapa temen cowok lain duduk di depan. Karena kuliah di jam siang jadi suasana ngantuk itu sangat membahana. Aku paling suka klo lagi ngantuk dengerin dosen ceramah tu suka ngeliatin mahasiswa lain yang juga ge ngantuk. Ah, kebetulan Amin lagi tertidur. So, aku senggol... "heh" belum bangun juga
Dosen yang waktu itu pas ge ngajuin mahasiswa kali aja ada yang mau maju buat laksanain tugas yang diberikan dosen. 
Aku : Heh (ga peduli dengan dosen yang masih nawarin mahasiswa, "Iya ayo siapa yang berani?" masih nyenggol-nyenggol Amin)
Amin : heh... (Ngelirik ke aku)
Aku : tu dengerin
Amin : Oh
Bu Dosen : (liat ke Amin) iya Masnya maju???
Amin : (tiba-tiba aja maju, setelah di depan. Celingak Celinguk)
Bu Dosen : Iya ayo
Amin : ??????
Aku : (tepuk jidat)
Amin : ??????
Bu Dosen : (masih nunggu)
Amin ????? celingak celinguk
Kelas : mulai ada yang ketawa
Amin : ?????
Bu Dosen : (Masih nunggu)
Amin : ??????
Bu Dosen : Bisa ga sih?
Amin : Bisa apa, Bu????
Bu Dosen ; Lha, tadi ndengerin ga?
Amin : Tadi saya ketiduran
Aku : (Tutupan muka)
Bu Dosen : Terus kenapa maju?
Kelas : (Ketawa corus)
Amin : ga tau Bu, tadi saya disenggol-senggol temen saya, kirain saya dipanggil Ibu (Amin biasanya ahli perkomputeran jadi dia pikir disuruh benerin komputer)
Bu Dosen : Jangan diulangi, ya sudah duduk sana
Amin : Ih kamu nih
Aku : Lha, aku cuman bangunin kamu, kamu malah maju.
Amin tu temen deketku selama kuliah, same kita dikira anak kembar. Hanya saja Amin tu lebih polos.
Baik kita balik lagi, jangan dikira orang psikologi ga bisa stres. Misalnya aku, klo ge stres suka jalan-jalan ke toko buku, meskipun hanya melihat-lihat saja, sebuah kepuasaan pribadi. Ketika stres itu emang rasanya menyebalkan banget. Ni buat yang mau masuk psikologi, lu pikirin lagi deh. Kuliah di psikologi itu penuh dengan tugas dan tugas. Tugas satu belum selesai, udah ada tugas yang lainnya lagi. Belum lagi klo harus nyiapin presentasi. Sering banget tuh aku ma temen-temen sekelompok lembur, meskipun biasanya aku tinggal tidur semua. hwahaha
Karena itu aku juga butuh tempat katarsis. Katarsis itu penyaluran lain buat melampiaskan emosional kita.Misalnya nih, aku ge marah pengen nonjokin orang. Daripada beneran nonjokin orang aku aku lebih baik nonjokin tiang listrik depan rumahku. Ato klo lagi stres, ada yang sukanya teriak. Nah, tempat katarsisku tu salah satunya ya nulis ini. Kata siapa orang psikologi ga bisa stres?Ni aku buktinya. "Semua kita punya potensi untuk stres," kata temenku, "hanya saja ada yang bisa memenejnya dengan baik dan ada yang tidak."
Klo ditanya mana yang lebih baik antara coping emosional atau coping problem, jawabanku tegantung. Iya beneran tergantung, lu ambil tali terus lu gantung diri aja. hahaha... ga ga maksudku klo lu bisa langsung nyelesein tu sumber masalah (stressor) ya diselesein, klo belum bisa minimal emosional lu di perbaikin dulu, sehingga bisa lebih bijak nantinya.
Banyak kok anak psikologi yang ga bisa ngatasin stres atau masalahnya sendiri. Aku dapet cerita dari temenku di fakultas psikologi lain dan juga psikolog tempetku magang, ada juga lho mahasiswa psikologi yang jadi pasien di RSJ, atau harus dirujuk ke psikiater atau psikolog. Semuanya sangat mungkin, karena kita tetap manusia biasa. Aku juga bukan Doraemon yang klo ada apa-apa aku dapat ngeluarin barang-barang aneh. "Pak, istri saya katanya selingkuh" "baiklah ibu, "Kamera Pengitai Tidak Terlihat".
Kadang juga orang dateng ke psikolog atau minimal curhat ke anak psikologi cuman ingin curhat aja. Nah, intinya kadang emang tiap orang ingin didengar, termasuk aku sebagai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar