Senin, 03 Oktober 2011

Cerita tentang skripsi


Semua gara-gara skripsi.

Wah, hampir dua bulan ya ga ngepost. Okey. Semenjak habis lebaran, kembalilah saya ke penangkaran saya, kembali sibuk dengan rutinitas ngurusin skripsi. Skripsi yang saya tinggal liburan hampir selama kurang lebih dua bulan pun tetap pasrah menunggu kedatangan saya. Kata pertama yang terucap saat saya melihatnya adalah, 'Oh well, please be good!'

Apa sih yang susah dari skripsi? Beh! Pertanyaan sialan! Jangan harap nulis skripsi itu gampang.

Bab I: PENDAHULUAN (Bayangkan, untuk menemukan suatu latar belakang yang ilmiah asli gak gampang!, mesti jungkir balik, mesti buka buku, mesti rajin online, mesti nanya sana-sini, mesti cari yang beda, mesti dapet variabel penelitian)

Bab II: TINJAUAN PUSTAKA (Nah loh, kalo yang bikin lama di bagian ini adalah TRANSLATE!!a.k.a meerjemahkan, ampun-ampun deh bahasa Inggris ilmiah itu susahnya kayak mencet jerawat yang belum mateng)

Bab III: PELAKSANAAN PENELITIAN (Untuk bisa nulis di bab ini, beh prosesnya ga pendek, penelitian yang saya jalani butuh waktu berbulan-bulan dan tentunya ongkos yang tidak sedikit *hugsss)

Bab IV: PEMBAHASAN ( Hmm...kalo bagian yang ini lama ngeditnya, belum lagi mengolah data wuh, ampun-ampun saya, pake regresi, persamaan kurva baku, dan statistika)

BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN (Kesimpulan ini harus koheren sama judul skripsi jadi yaa mesti mikir kalimat apa yang cocok)

DAFTAR PUSTAKA: (Ada dua jenis Van Couver atau Harvard..fiuhh, total saya mengerjakan daftar pustaka selama enam jam!!)

DAFTAR GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN: Yang namanya ngatur-ngatur itu asli beribet!!!!misalnya bikin titik-titik buat di daftar isi pas di tab, terus buat rata kata, supaya katanya sejajar kalau judulnya kepanjangan...

Fiuuuhhhh...emang kalau diliat dari tulisan ini ga seberapa, tapi deritanya beeehh..jangan dibilang. Belum lagi kalo printer macet, alias tinta habis..ya sudah wassalam.

Nah proses selanjutnya adalah menghadap pembimbing! Jenjeng! Bayangkan, pembimbing kan dosen yang juga punya jam terbang tinggi, jadi ya mesti nunggu selese ngajar atau tunggu waktunya untuk bisa konsultasi, kalau sudah konsultasi, dicoret-coret, pulang deh untuk perbaikan, begitu terus siklusnya. Sampe akhirnya skripsi itu dikatakan layak untuk dipresentasikan. Kalau sudah, nah perbanyakan skripsi buat disebar ke semua dosen dan ngeprint skripsi buat dosen penguji.

Memang, no pain no gain. Ini semua proses. Tapi waaaaaa..bener-bener menguji kesabaran, keterampilan, emosi, kelihaian, ketelitian, kerajinan, dan semua-muanya.

Wajarlah, kalau lagi ngerjain skripsi sampe down, sampe desperate, sampe depresi, sampe mau nyemprot semua orang.

Jujur kalau saya, depresi ya saya curcol ma temen yang senasib, sama sahabat deket, sama si akang *hihi, sama orang tua, daaaaaaan buka foto-foto liburan hahaha...yang terakhir ga nyambung, tapi nyata saya lakukan, yah lumayan pereda stres, liat-liat buat nyemangatain diri sendiri, dan berjanji pada diri sendiri: hm..kali ini saya akan selesaikan mati-matian, tapi abis itu, saya akan kembali berlibur. mwahahahahahaha :)) #boleh dong ah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar