Minggu, 02 Oktober 2011

Pengen Pacaran

Ola, dua hari libur ngeblog. Tadi abis makan nasigoreng bakar mr.Puecheng, iya di Semarang ada nasgor kaya begituan, dah digoreng di bakar pula. Lu perlu nyoba klo ke Semarang. Nasi Goreng Bakar Bertekanan Rendah Kolestrol mr.Puecheng. Mantep!!! Hwehehe ... Klo makan itunya ada sambel seuprit tu jangan diremehin karena meskipun seuprit gitu, pedesnya luar biasa. Aku aja mpe kebakaran bulu idung. Hwaaaa

Hari Jum'at
Oya, sabtu kemaren aku seperti biasa karena di kost gak ada air buat wudhu or mandi, aku pun ngiprit ke Baiturrahman cuman buat sholat ashar. Hwehehe, jauh banget ya??? Abis sholat maen bentar ke gramedia seperti biasa. Abis sholat tu aku duduk-duduk di tangga masjid, sambil ngeliatin para ABABIL lagi foto-foto ma teriak-teriak gak jelas. Aku merasa mereka sebenarnya anak kampung tapi karena lagi d kota jadi dandanannya bagiku tetap kampungan. Ada yang pake kaca mata besar. Seperti biasa gaya ABABIL berfoto yaitu dengan mengarahkan kamera handphone ke dirinya sendiri atau dengan lainnya kadang ditambah sambil mecucuin mulut (Yang masih suka foto dengan gaya seperti ini, minimal megang foto sendiri terus diarahin ke dirinya sendiri, berarti jiwa-jiwa ABABIL lu masih bersarang di diri lu, segera bersihkan, SEGERA!!!!)
Ababil Ganas, foto-foto sambil buat keributan
Sambil ngeliatin tu ABABIL, aku ngeliat ada mba-mbak jilbaban cantik ma pacarnya ge jalan bareng. Duuuh, jadi pengen pacaran. huhuhhu... (Pacarku dulu masihkah kamu mau jadi pacarku, hehehe). Enak aja bisa gandengan, atau jalan bareng, ngobrol, pa lagi kaya aku yang ge labil jiwanya seperti saat ini, kehadiran seseorang yang bisa mengisi kehampaan sangat dibutuhkan. hffff.... hahaha (tu kan gilaku kumat). Ada yang bisa dismsin, ditelponin, atau bahkan dimarahin klo lagi cemburu. hahaha.... tuing tuing tuing ...
Tapi... aku mikir lagi kenapa alasanku gak mau pacaran, bukan sebatas persoalan agamaku gak boleh. Tapi, lain dari itu aku gak mau nebokin pacarku dengan mengajaknya makan, mbayarin makan, buat makan satu minggu aja aku dah megap-megap, pa lagi klo ada yang minta dibayarin makanan. Mending klo dia mau ta ajak makan di kelas ekonomis kaya kucingan, penyet, klo maunya di SS, Kaliwang, WS, hwaaaa.... Gak mau ... Putusin aja aku...
Kedua, karena aku msih suka maen-maen ma teman-temanku sesama jenis (bukan berarti aku HOMO ya, awas lu). Kasihan aja sich liatin temenku pacaran kayaknya hidupnya selain menyenangkan, tapi juga menyengsarakan. Dikit-dikit ma pacar, dikit-dikit ma pacar, males banget. Mau maen ma teman-teman, tiba-tiba ditelpon, "Sayang, kamu di mana? Anterin aku pulang yuk" Jadilah hari itu, hari paling menyebalkan. Atau, "Sayang, kamu dah bangun belom? Makan yuk" atau "Sayang, aku dah telat nich, anterin aku dong ke kampus" Padahal dianya sendiri juga dah telat. Gak jemput ntar takut marahan, diputusin, ntar ngejomblo lagi, Jemput sama aja dia bolos kuliah. "TUHAAAAN, AMBILAH NYAWAKU INI, AKU SUDAH TIDAK TAHAN!!!"
Ketiga, klo putus sama aja mutusin tali silaturahim, hwehehe... biasanya klo pacaran terus putus ujung-ujungnya buat nyapa kayaknya males banget. Kaya kata bang Poconggg di bukunya Poconggg Juga Pocong, 
"Cinta emang ribet. Cinta nggak pernah bisa ngasih garansi dan kepastian. Kita bisa mencintai orang yang kita benci dan akhirnya membenci orang yang dulu kita cintai."
Ya mungkin banyak sich alasan lain, yang membuat lu u pade yang pacaran lebih asyik buat pacaran. Tapi, aku setuju lagi ma Bang Poconggg, 
"Kadang gue heran sama orang yang berpikiran kalo punya pacar itu adalah hal yang sangat wajib. Tipe seperti ini akan mati-matian nyari pacar ketika mereka single. Mulai dari usaha sendiri sampai maksa-maksa minta dijodohin sama temen. Pas udah jadian, tiap hari malah galau dan nggak tahan pengin udahan. Bener-bener aneh"
Kucluk-kucluk kayak gini aku pernah nembak cewek meskipun aku merasa sangat bodoh karena nembaknya pas udah lulus. Ini gara-gara keracunan film Meteor Garden. Kapan mau pacarannya coba??? SMA aku gak mau pacaran tapi tetep menjalin hubungan deket ma temen cewek, tapi aktivitasnya hampir kaya orang pacaran. Hampir lho ya... Bisa disebut sebagai TTS, eh bukan HTS. Aku akuin emang enak sich pacaran. Tapi, lebih enak lagi gak pacaran. Kenapa ga mau pacaran? Karena ngeliatin temen-temenku pacaran jadi horror banget karena temen-temen cowokku kaya diperbudak gitu. Mau pulang udah sore tapi kudu nemenin pacaranya dulu. Terus aktivitasnya juga aneh-aneh, misalnya ada aktivitas yang namanya nyabutin bulu rambut kaki cowoknya. Sereeem abis!!!!
Pas kuliah kenal istilah ta'aruf, istilahnya langsung kenalan ma ceweknya tapi disaksiin ma pihak keluarga, nah dari tu ada kesepakatan akan berlanjut ke level pernikahan apa gak? Tapi saranku lu yang memilih jalan ini jangan umbelen (hubungannya apa? gak tau pokoknya hubung-hubungin aja :p).
Tiap ketemu ma keluarga biasanya pada nanyain, "Udah punya pacar belum?" klo aku jawab, "Belum" biasanya kan direspon, "Masa? Bo'ong ya kamu?" AAAARRGGGHHHH... Atau tetangga yang nanyain ibuku, "Budhe, Mas Imam udah punya pacara belum sich?" Ibuku dengan cerdas menjawab, "Tanyain aja anaknya." Ya sudahlah kita tinggalkan mereka yang memilih pacaran dengan pilihannya. Tiap pilihan ada konsekuansinya. Aku pernah mikir perkataan seorang Ibu Dosen yang mengatakan, "Orang pacaran itu berarti dirinya merasa kurang mendapat perhatian dari Tuhan." ma Wasiat nenekku sebelum meninggal, "Koen, aja pacaran disit angger hurung due penghasilan dewek (Kamu, jangan pacaran dulu sebelum punya penghasilan sendiri)."
Udah banyak yang nanya hal itu padaku, biarkan aku nge-jomblo, meskipun jomblo itu dibilang KUTUKAN. Meskipun untuk-untuk saat-saat ini kehadiran someone yang spesial buatku memang sangat berarti, Kaya temenku pernah pamer klo dirinya dah punya calon yang mau diajak nikahan sakaligus nyemangatin buat skripsi. Hmmm, apakah orang skripsi harus pacaran ya biar semangat ngerjainnya? Tapi hatiku yang emang kecil, lebih kecil dari tubuhku (ya iyalah) lebih menginginkan untuk nge-jomblo. 

Hari Sabtu
Hari sabtunya aku ma temenku Bogi, berencana KONDANGAN ke temen kita sesama alumni santri RSJ di Jawa Timuran sana, yaitu Iin. Ah, aku gak nyangka di antara kita ber-enam dia yang akhirnya menikah terlebih dahulu. Suaminya kaya Ustad Jeppry klo menurutku, benar-benar pasangan yang setrasi...
Yap, hari itu diwarnai oleh insiden yang sangat menggemparkan, yaitu AKU DIAREEE!!! Bolak-balik aku P*p mpe mau 4 kali. Wah, ini kutukannya Amin nich, Maafkan aku Amin telah meracunimu. hikz... Segera aku membeli obat mujarab bernama supertetra yang biasanya dimakan juga ma lele-lele piaran ayahku. Ketika mau berangkat ternyata Bogi juga bermasalah di perutnya, sempet kita berpikir untuk tidak dateng. Tapi, apa daya hati ini tidak tega. Yap, dengan keadaan yang menyedihkan kami pun berjuang untuk hadir di pesta pernikahannya. 
Sesampainya di sana, kami buat formalitas aja nyumbang seadanya dan diberi serbet makan. Haaaa, biasanya nikahan tu hadiahnya magnet apa kipas, ini suvenirnya gelas Pop-Ice di dalamnya ada serbet makan. Hedeeeh.... Kami masuk dan bersalaman dengan apa itu sebutannya? Pokoknya kami bersalaman layaknya artis dengan sepanjang karpet. Haduuuh, panjang juga salamannya. Dan akan berakhir di panggung sana tempat kedua mempelai dan wali-walinya bertengger. Di tengah salaman, aku bilang ke Bogi, "Bog salaman mpe ke atasnya ntar aja yuk, kita makan dulu" Jadilah aku dan Bogi keluar dari rangkaian para penyambut tamu itu, sehingga mungkin mereka pada curiga, jangan-jangan dua makhluk ini bukan undangan cuman mau makan-makan doang.
Yap, kita makan-makan dulu sambil nungguin teman-teman lain biar skalian foto-foto ma pengantennya. Bogi cuman mau icip-icip aja, sehingga makanan ambil satu mangkuk tapi sendoknya dua, duuuh romantong banget. hehehe... Sambil bergeriliya kami mencicip makanan-makanan lain. Sayang gak ada makanan yang aku harapkan ada, yaitu Sup Jagung.
Tak berapa lama, teman-teman lain dateng sehingga kami pun ikut dalam antrian mereka hingga ke atas panggung dan berfoto-foto bersama. Udah gitu doang... kita makan-makan lagi... hehehe.... Tapi saking rakusnya, perutku serasa bergejolak lagi. Duh, jangan di sini dong! Untungnya Bogi pengen cepetan pulang, jadi aku bisa beraksi di kost saja. Ah, tapi teman-teman lain semakin banyak saja yang datang. Ketemu ma mereka kok aku agak aneh ya??? Psikologi angkatan 2006 baik yang reguler atau ekstensi, yang cowok dah kayak bapak-bapak, perutnya dah pada buncit dan yang cewek-cewek kaya ibu-ibu pantas bawa anak (entah anaknya siapa dan apa aja? Anaknya monyet juga gak papa. hehe). Ternyata kita sudah uzur dan parahnya aku belum lulus-lulus juga. Ayo Sal kita lulus dan nikah kira-kira ada gak ya yang mau cowok suka ngupil kaya aku??? ...hehe.. eh, inget wasiat nenek, car penghasilan sendiri dulu. Sip Sip Sip Oya, aku lupa, perutkuuuuuu... "Bogi, ayo cepet pulaaaang"
Yep, seperti dulu aku pernah bilang, klo terlambat untuk lulus berarti terlambat pula kita menjalani tugas perkembangan, Tugas-tugas Perkembangan Dewasa Awal seperti aku, menurut Havighurst, yaitu
  • Mulai bekerja
  • Memilih pasangan hidup
  • Belajar hidup dengan suami/istri
  • Mulai membentuk keluarga
  • Mengasuh anak
  • Mengelola/mengemudikan rumah tangga
  • Menerima/mengambil tanggung jawab warga Negara
  • Menemukan kelompok sosial yang menyenangkan 
 Sekarang mana coba yang yang sudah aku lakukan??? Iin dan teman-temanku yang lain, yang sudah lulus dan mendapatkan penghasilan sendiri menurutku adalah mereka yang berhasil mengambil start lebih awal untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka dalam masa dewasa awal. meskipun menurut beberapa tokoh Psikologi (ce ilaah) rentang usia masa dewasa awal beda -beda, Hurlock misalnya menyebutkan Dewasa Awal itu antara usia 18 - 40 tahun, ada yang 20-40 tahun, dsb... Meskipun masih ada waktu, tapi aku kalah start ma temen-temenku itu. Yep yep, ayo kita lulus secepatnya tahun ini dan meninggalkan kota ini secepatnya, hag hag hag... dan mulai hidup yang baru. hehehe

Oya, skripsiku? Lumayan ada kemajuan penambahan buat BAB II, Alhamdulillah ...

See Ya next time ... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar