Jumat, 07 Oktober 2011

Jadilah Pengendara Kendaraan yang Benar

Ola, mau posting blog semalem ternyata lipstiknya mati eh listrik maksudku. hweheheh Alhamdulillah, akhirnya Semarang kemaren hujan juga setelah lama panas tak terkirakan. And its time to sleep mpe pules for me (baasa Inggris acak adul).
Kemaren habis ikut seminar Safety Riding yang diselenggarakan ma Menwa UNDIP (Ketuane adek angkatanku lho namanya Faizal, iya namanya sama cuman beda S ma Z doang, gak penting banget ah). Hari itu dimulai dengan aku lupa semua agenda pada hari itu karena ide yang tiba-tiba keluar dengan sangat derasnya di subuh hari. Gitulah aku klo ide lagi bertebaran masuk, mpe lupa makan, lupa hari, lupa mandi, mpe lupa hidup coba??? ckckck Padahal hari ini aku ada planning yang cukup indah mau aku jalanin, yaitu
- Makan nasi uduk di Ngesrep
-Abis itu mandi (hehe biar efektif aku suka mandi habis makan, biar gak percuma habis gosok gigi)
-Ke kampus nyari tanda tangannya Pak Karyono buat Sertifikatnya si Apri ma duduk manis di ruang komputer perpus sambil kerjain SKRIPSI)
-Ketemu bu EKD
-Pulang -> Tidur

Tapi gara-gara beberapa agenda aku lupain hari kamis, akhirnya aku gak bisa melaksanakan agenda itu semua. Salah satu agenda itu ikut seminar. Ya daripada gak ada kerjaan dan udah lupa ngerasain yang namanya duduk manis dalam kuliah, jadi gak papa lah ikut-ikutan seminar kaya gituan.hehew
Aku ma Amin ikutan tu seminar, biar dia ntar klo ada kesempatan buat ikutan tes pembuatan SIM dah tau-tau dikit. Gile lho tu bocah mpe segede gini belum punya SIM padahal sering bolak-balik pulang dari Semarang ke Klaten dan sebaliknya. Ketika ditanya kenapa? jawabnya cuman "Males ah ribet ngurusnya" Ya aku juga gak tenang-tenang banget karena buat SIMnya juga nembak gitu , hwehehehe ketauan. Tapi sudah sangat disiksa dengan tes-tes yang dilakukan oleh Bapakku meski bukan Polisi, mulai dimarah-marahin di jalan ma bapak klo salah.Jadi belajarku ma Bapak langsung di jalan gak pake buku-bukuan. Mulai ngenal rambu lalu lintas mpe pola-pola kecelakaan. Learning By Doing... Mantep dech bapakku...
Seminarnya tu yang ngisi dari Kepolisian dan dai Honda. Sakjane tu seminar agak ngeri karena suka ditampilin video-video kecelakaan yang gak bagus ditonton buat anak-anak Balita. Ada orang naik motor yang kelindes truck gede mpe darahnya muncrat-muncrat. hiii pokoe serem dech. Makanya Jadilah Pengendara motor yang Cerdas. Ini beberapa yang aku inget dan aku dapet dari seminar tu

Faktor-faktor Kecelakaan di jalan raya (belum-belum dah ngomongin kecelakaan, haha biar tambah ngeri) tu ada tiga, yaitu 
-Faktor Manusianya sendiri, misalnya ngantuk, emosional, kurang konsentrasi, dsb
-Faktor Kendaraan, misalnya make motor dalam kondisi yang gak baik misalnya make motor gak ada rodanya, gak ada rantainya, gak ada bensinya (hwehehehe ya gak lah), misalnya tu remnya dah aus, kaya gitu kaya gitu dech
-Faktor Lingkungan, ada dua yaitu kondisi jalan ma kondisi cuaca. Kondisi jalan misale jalannya jerawatan, bisulan, banyak komedo (ni jalan apa muka ya?). Cuaca misalnya habis hujan jadi licin, anginnya besar, atau bersalju (klo ini di Indonesia gak mungkin dech)
Teori ini aku bantah ma Amin seharunya khusus Indonesia tu ada Faktor keempat (oya, kiblat lalu lintas Indonesia itu ada di Belanda, gak tau kenapa?), apa itu? Yaitu Faktor Ghaib. Iya bener Faktor Ghaib. Gak jarang juga hantu-hantu di Indonesia itu menjadi peyebab terbesar kecelakaan di jalan, misalnya di jalan mana tu angker lho suka ada cewek pake baju putih lewat, pas ditengok dah gak ada. Atau klo lewat jembatan itu rasanya kita bisa jalan di atas air (ya iyalah sejak kapan ada jembatan dibangun ngelewatin air, yang ada orang yang lewat pada kelelep). Kaya kasusnya Saiful Jamil, lewat TOL itu kan, katanya angker. Nah lho, faktor keempat ini jangan diremehin.

Untuk mengendarai dengan aman juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu ada software dan Hardware. Software tu berkanaan dengan manusianya, sedangkan hardware berkenaan dengan kendaraanya. 
Software perlu diperhatikan juga dua hal, yaitu sebelum berkendara dan saat berkendara. Sebelum berkendara pertama-tama lakukan pemanasan badan terlebih dahulu, dalam hal ini bukan berarti kita memanaskan tubuh kita di atas kompor, ingat bukan sama sekali,dan JANGAAAAN!!!! Dan bukan juga setiap akan berkendara, tetapi cukup lakukan sekali di pagi hari. Lu akan dikira gila klo tiap mau make motor senam dulu, di kampus mau pulang senam dulu, di mall mau pulang senam dulu, di mana pun berada mau make motor senam dulu. Lakukan tiap pagi sebelum menggunakan kendaraan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan meningkatkan respon anggota tubuh (asli aku gak mudeng).
Selanjutnya persiapan diri saat akan berkendara seperti helm, baju lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, sepatu, pelindung dada, STNK, ma SIM (nah, buat lu yang kaya Amin gak punya SIM, berdo'a saja berharap gak ada tilang, mungkin buat Amin sertifikat seminar ini bisa dipake klo ada pemeriksaaan, bilang aja, "Pak, saya ada sertifikat Seminar Safety Riding lho, masa saya ditilang gara-gara gak punya SIM?" Haha siap-siap aja dikira orang bloon).
Terus setelah sebelum berkendara, sekarang saat berkendara. Ada 7 postur yang perlu diperhatikan saat berkendara, yaitu Pundak, Sikut, Pinggul, kaki, pandangan, tangan dan lutut, kaya gambar di bawah ini. Oya, posisi kaki sebaiknya gak ngangkang (kecuali klo lu abis disunat, hwehehe). 
7 Postur Berkendara Nyaman
Klo lu bukan pembalap, lebih baik jangan dech sok mbalap kaya gambar di atas yang disilang. Pembalap tu ada tekniknya sendiri. Entah, motor lu motor cowok, matic,  motor bebek, or motor ayam, atau motor kebo sekalipun posisinya samasaat berkendara. Ingat itu... Tapi satu lagi aku berpendapat ada satu posisi yang kurang, yaitu Pantat, Men!!! Bagaimana letakin pantat dalam posisi yang nyaman. Klo yang ge ambeien gimana coba??? Cuman belum terjawab pertanyaanku itu, mengenai posisi pantat yang PW saat berkendara.
Selanjutnya prediksi, yaitu mempelajari pola-pola kecelakaan kaya di bawah ini,
7 Deadly Bins
Tu gambar namanya 7 Deadly Bins, cari aja di Google. Itu pola-pola kecelakaan yang paling sering terjadi dan mematikan, Ingat MEMATIKAN!!! Sekali lagi biar keliatan serem MEMATIKAN!!!!!.
Beberapa tips yang aku dapet nich, di antaranya:
- Pengendara motor roda dua melaju di bagian kiri, bukan di kakan, bukan di tengah, bukan juga di atas (wah ini motornya Hagrid yang bisa, hehe). Klo gak ada rambu-rambu belok kiri gak boleh belok kiri, klo ada tergantung perintahnya boleh atau gak belok kiri.
-Ketika berbelok atau berganti arah, nyalakan lampu Sein (klo yang belum tau, ni dikenal dengan lampu Riting, aku juga baru tau waktu seminar tu, hehew) 3 detik sebelum berubah jalur (bukan berbelok), misalnya mau nyelip, karena itu lu harus siap-siap jam, itung satu..., dua..., tiga ... yap nyalakan lampu Seinnya. Ketika akan berbelok nyalakan lampu sein 30 meter sebelum berbelok, nah klo yang ini lu harus selalu sedia meteran buat ngukur dulu. Jadi klo mau belok lu berhenti ngukur dulu baru klo sudah 30 meter baru nyalain lampunya. hwehehehe gak ada kerjaan banget, ya dikira ndirilah.
-Rem, gunakan rem depan dan belakang bersamaan dengan rem depan lebih kuat. Oya, jari tangan di rem depan harus dalam posisi seperti meremas ya, biasanya kan lu ngerem cuman pake satu atau dua jari?? tu Salah. Ya pokoknya salah.
-Ketika berhenti (terutama motor matic) pastikan mesin motor mati... ingat mati
-Jangan berboncengan lebh dari dua orang, dan klo bawa anak, jangan tarush di depan.
-Terakhir pastikan motor lu dah ada bensinnya, karena klo gak ada gak bisa jalan (ya iyalah)


Yep, itu beberapa hal yang aku dapatkan dari seminar itu. Hanya saja aku kecewa karena gak ada sesi tanya jawab. Padahal aku datang ke situ untu menjawab pertanyaanku. Helm SNI itu apa ya??? Adakah standar tertantu? Atau cuman Helm yang ada tulisanya SNI gitu???
Helm SNI
Karena Bapakku dulu pernah mendadak beli dan terpaksa harus meninggalkan helm cakil kesayangannya gara-gara dikasih tau Polisi saat pemeriksaan klo helmnya bukan helm SNI. Sampe rumah ayahku bingung, helm SNI itu apa? Ketika tanya ke penjual helm, bapakkua bertanya hal yang sama, penjual helm hanya menjawab, "Ya yang ada tulisan timbulnya SNI gitu Pak" Ya biarlah menjadi pertanyaan misterius buatku dan keluargaku.
Habis seminar ada praktek berhadiahnya, aku gak tertarik buat ikut, jadi hanya nonton tok. Padahal hadiahnya Helm yang keren banget. Ada dua jenis praktek yaitu lambat-lambatan naik motor di atas jalan kecil banget dan di track khusus yang berkelok-kelok, klo yang ini cepet-cepetan. Amin yang tertarik buat nyobanya meskipun akhirnya gagal juga.
Paling penting waspadalah dari bahaya kecelakaan, gini-gini aku udah keitung sekitar hampir lima kali kecelakaan, di antaranya

-Waktu SMA Boncengin cewek habis les, di perempatan menghindari motor eh aku malah kepeleset ma motorku, tapi teen cewekku tu cerdas dia langsung lompat, jadi cuman senyum-senyum gitu, sial banget malu-malui di depan cewek pula. Mungkin ini teguran dari Tuhan kali ya, boncengin bukan muhrim, hwehehe
-Waktu SMA lagi, ini kecelakaan paling parahku, boncengan ma temenku Agung waktu mau pulang. Jadi korban tabrak lari. Mau menghindari lubang di jalan eh malah diserempet. Udah gitu yang nyerempet kabur lagi. Setelah banun, apa yang aku lakuin coba dengan semua badan yang terasa sakit? NGACA, dalam hatiku, "Aduh, aku masih ganteng gak ya?" Hwehehe
-Waktu dari Solo, pertama kali aku mengendarai motor jarak jauh. Nabrak orang lagi nyeberang dadakan. Aku jatuh orangnya jatuh. Eh, orangnya malah yang kabur, "Yang salah siapa sich sebenernya??"
-Waktu ma Amin boncengan waktu mau ke kampus tapi lewat jalan belakang, pas di tikungan tajam gitu, aku gak bisa mengendalikan motorku sehingga nyerempet pinggir jalan. Berhenti. Masih berdiri dan berboncengan. Habis itu Pluk Jatuh. Aku ma Amin langsung ngakak (di mana-mana orang jatuh dari motor kesakitan, ini malah ngakak, dodol banget dan sangat gak wajar)
-Waktu ge boncengin temenku yang lain, mau nganter ke agen bus yang mau ke Solo. Pas di pertigaan yang rawan kendaraan nyeberang itu, aku mau ganti gigi, ternyata rantai motorku lepas, so motorku langsung ngetril berdiri, temenku jatuh aku masih berdiri berusaha nurunin motor dodolku yang ge beratraksi. hehew

Yap, waspadalah. So, jadilah pengendara motor yang cerdas....
Amin nyoba Tes jadi tukang Ojek.hahaha
Abis dari seminar, aku ke kampus nyari Pak Karyono tapi katanya udah gak ada. Tapi keajaiban pun datang karena beliau datang dengan sendirinya setelah aku sholat. Makasie Ya Alloh... Abis itu kerjain skripsiku dan ketemu bu EKD. Hari ini aku ketemu bu EKD dosen pembimbingku.Ini perbincanganku dengan bu EKD
Bu EKD : Gimana SKRIPSImu??
Aku : Mmm, gini ...
Bu EKD : Bentar-bentar, judulmu apa tho? 
AKu : *Klo di film kartun, aku langsung jatuh, gedubrak* Hehe... aduuuh Ibuuu... Tadinya kan mau makna memaafkan pada penderita penyakit kronis, terus kemaren ibu sarankan ke saya karena subjeknya juga mentok, jadi Ibu ngusulin Makna Kesakitan pada Penderita Penyakit Kronis
Bu EKD : Oh iya ding, iya ya itu kemaren?
Aku : Iya itu Bu, gini Bu minggu depan saja ya Bu, saya bimbingan sekalian mpe BAB III, soalnya cuan nambahin jurnal ma BAB III. 
Bu EKD : oh gitu?
Aku : Gini Bu, saya nyari teori kesakitan kok belum nemu ya??? Cari buku Psikologi  Kesehatan pun di perpus di tandon, jadi gak boleh dipinjem, kaya bukunya Sanderson.
Bu EKD : *Sambil bukan buku gede* Ini di sini juga ada tentang Illness , di bukunya Ogden, Sarafino, juga ada
Aku : Iya Bu, tapi belum nemu.
Bu Kartika (Dosen waliku yang juga waktu itu ada mau sholat) : Cari Ebooknya aja kan ada banya di internet?
Aku : Udah Bu, tapi kaya Sanderson tu belum nemu...
Bu EKD : *Menjelaskan tentang Illness* bentar kamu metodenya apa ya?
Aku : Hedeeeeh, (Sedih hatiku dosbingku lupa tentang skripsiku), Fenom Bu
Bu EKD : Iya ding, bentar-bentar tadi judulnya apa?
Aku : (AAAAAARRRGGGHHH) Aduuuh Ibu, Makna Kesakitan
Bu EKD : Oh iya ding *Jelasin Illness lagi, intinya Illness itu persepsi penderita, sedangkat disease itu adalah hasil diagnose dokter* Dosbing dua-mu siapa?
Aku : (Haduuuuh, parah ni si Ibu) Pak Parno, Bu
Bu EKD : Oh iya ya? Terus klo Mas Amin gimana? (Ada Amin juga waktu itu)
Amin : Gini Bu, sepertinya saya tetep pake kualitatif aja, soalnya anak cacatnya ada beberapa.
Bu EKD : Oh gitu ya gak papa, pokoknya Mas AMin cepet diselesaikan, Mas Faisal, Oktober ini sampai BAB III harus selese. 
Aku : InsyaAlloh Bu, oh iya Bu makna kesehatan ma makna kesakitan sama gak Bu?
Bu EKD : Beda-beda, Judulmu tadi apa?
Aku : (AAAARRRGGGHHH, Ibuuuu!!!)
Yap, do'ain aja Dosbingku itu gak lupa tema skripsiku itu, bagaimanapun beliau dosbing yang baik yang mau nguber-nguber aku, meskipun kadang aku sendirinya yang dodol banget ngerjain skripsinya.

See You At The Genteng....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar