Rabu, 09 Februari 2011

Bergembira di Pantai Bira..ala Backpacker

Berhubung ujian udah pada kelar pas bulan desember, secara mendadak dan hasil celetukan akhirnya saya dan empat teman saya memutuskan untuk liburan ke Bira, padahal sih rencananya sama temen-temen angkatan yang lain mau ke Tana Toraja, aduh kan malu ya, kuliah di Makassar ampe tahun ketiga belum nginjak Tana Toraja, sedangkan yang jauhnye naik pesawat udah didatengin, yo wis, berhubung harga tiket bis ke Tana Toraja lagi tinggi-tingginya (naik 40% bo!) dalam rangka natal dan tahun baru, akhirnya kita memutuskan ke Pantai Bira di kabupaten Bulukumba.

Kita ke sana ala mahasiswa-lah yaa, ke terminal, dan nyari mobil murah yang kita tawar pake urat sama kernetnya, akhirnya dapet deh 50-rebu ke Bira, di perjalanan,saya dan tiga orang temen saya yang duduk di belakang, bener terguncang fisik nan psikologis, apalagi jalan ke Bira-nya yang bener-bener jauh, sekitar lima jam-an lah, rata abis deh pantat.MySpace

Saya juga nelpon senior saya yang emang orang asli ini dan minta referensi hotel murah nan bagus, hehe, dia kasitau beberapa hotel yang bagus dan ngasih tips kalau cari hotel, cari yang airnya lancar. Tapi karena masukan dari temen saya yang katanya sering ke Bira akhirnya kita nyewa pondok yang ada deket pantai, pertama sih dari luar bagus, pas udah masuk, hah, taunya cuma ada dua kamar tidur kotor, satu kamar mandi, dengan tempat tidur yang bener-bener seadanya, ya udahlah ga papa lagian lumayanlah 100.000/malam, mari mandi. Eh taunya ga ada air!!!padahal si yang punya pondokan bilang airnya lancar, tiga puluh menit kemudian, dateng dah tuh ibu-ibu paruh baya dorong gerobak dengan lima jerigen besar air, eh buset aja! Alhasil kita semua bikin formasi untuk ngoper tuh air dari tangga,maklum pondoknya rumah panggung, ampe ke bak mandi, sayayang ditunjuk di formasi paling akhir alias yang masukin air ke bak. Aduh, encoklah saya.

Beruntung, sebelum berangkat, saya sempet masak bekal yang lumayan banyak, jadi setelah pada ngos-ngosan angkat air, kita pada ngejogrog, makan rame-rame dari termos pake sendok, haduh, bener-bener liburan ala ransel nih. Habis makan, kita mutusin untuk ngecek ke hotel yang ada di sekitar situ, dan ternyata lumayan lah harganya, main 100-250an rebu, akhirnya kita mutusin untuk ngambil kamar di Bira Beach Hotel yang semalam harganya 200-rebu,MySpace pake AC, showernya lancar, dengan dua double bed, lumayan, bisa dibagi lima, jadi masing-masing bayar 40.000, tapi berhubung batasnya empat orang dan kita lima orang maka kena charge sehingga tambah 35.000.

Malemnya kita pulang ke gubuk derita, pada gak ada yang mau tidur di tempat tidur, ya iyalah, sapa yang tahu siapa yang udah tidur disitu, sepreinya gak diganti, sapatau aja orang sebelum kita punya Herpes simplex, atau apa kek hiey…jadinya kita tidur di lantai semua, dengan usaha menghibur diri, besok akan pindah ke hotel yang nyaman, eh di tengah-tengah tidur tuh lampu njegleg, alias loncat aka mati sendiri, gak lama ada suara motor yang mendekat, ternyata si punya pondok, dia naikin lagi tuh sekeringnya, pas dia pergi eh njegleg lagi,,haduuuuh, pokoknya ampe tiga kali dah dia bolak-balik.

Paginya, bangun tidur cuma pipis dan sikat gigi doang langsung buka pintu dan beraksi di teras, huah, di depan pantaaaai, gila..keren abis.MySpace

Seharian poto-poto, berenang, masak makan siang di pondok derita, kemudian berenang lagi, dan pindah ke hotel baru, huah,,serasa nginep di Hilton dah, sorean kita berenang lagi ampe puas.

Tips backpacking ke Bira:

1.Kalo mau kesana enaknya rame-rame, biar bisa ditanggung bersama, saya ke sana selama tiga hari dua malem ampe balik lagi bener-bener habis total 200rebu aja, lumayan.

2.Kalo mau cari hotel pas yang depannya pantai, cek airnya, lancar apa gak.

3.Kalo mau hemat, bawa bekal, dan makanan instan, disana apa-apa mahal, maklum, rata-rata pake standar bule, nasi goreng di hotelnya aja yang biasa banget, nasi, telur, dan sedikit dedaunan main 25.000 ke atas, lebih mahal 8rebu dibanding nasi goreng solaria yang udah komplit banget,saya ma temen saya sih ga mesen, cuma nguping si Bule yang mesen di meja sebelah, pas dateng pesanan, asli kita pada nyumpah-nyumpah semua.

4.Di kamar hotel dilarang masak-masak atau nyalain api, tapi kita sih cuek aja, temen saya bawa kompor gas mini tuh, diem-diem kita masak di teras, bener ga bikin kotor kok.

5.Berakrab-akrab ria lah dengan supir yang mengantar ke Bira, dan minta nomer teleponnya, kan ntar untuk balik ke Makassar bisa booking mobilnya lagi, maklum di sana up on request, maksudnya rute mobil ga ampe masuk ke bira, cuma sampe Bulukumba.

6.Kalau mau snorkeling atau diving, bawa duit tambahan buat sewa kapal dan lagi-lagi standar bule, nyeheh…kita sih udah puas guling-gulingan di pasir, tapi rada sirik juga ngeliat bule-bule pake bikini turun dari kapal bawa alat diving.

Oya, kalau mau pengen ngerasain punya pantai, datenglah pas hari kerja, haha, hari itu saya dan temen-temen datengnya hari Kamis, saya bener-bener puas mau ngapain aja di pantai, hampir seharian cuma ada saya dan temen-temen saya, pas hari sabtu, aduh, mulai deh tuh dateng orang dari segala penjuru, dan harga hotel bisa naik 40%.