Jumat, 11 Februari 2011

ayok melangkah.


Saya suka bingung sama beberapa orang yang sering mikir kebiasaan saya aneh. Oh ya, saya mau ngebahas kebiasaan saya setiap pergi dan pulang kampus. Gini lho, kampus saya itu kan satu komplek besar, dan ada sekitar 500-an meterlah dari jalan utama, jadinya kalo dari rumah saya, saya harus naik angkot dua kali, pertama angkot sampe jalan utama, kedua angkot khusus kampus. Nah, tapi saya sejak tahun pertama memang sukanya jalan, ngaku sih, MySpacepertama-tama saya ndak tau kalau ada angkot khusus yang masuk kampus, eh jadinya keterusan deh suka jalan kaki dari pintu pagar pertama, nyebutnya pintu satu, sampe kampus saya.

Temen-temen saya suka ledekin, soalnya kalau saya jalan bener-bener dinikmatin, pake earphone, ya udah jalan dah tuh, ga merhatiin apa-apa, ga denger kalau ada yang manggil, ke depaaan aja (ya iya donk masak mau jalan mencla-mencle), apalagi biasa temen saya lewat, manggilin nawarin boncengan, tapi saya tolak dah, pengen jalan aja, sambil dengerin musik.

Bahkan beberapa dosen saya udah hapal kebiasaan saya ini, dan dia maklum aja sih kalau saya suka telat apalagi kelas pagi, heyah. Well, kenapa kebiasaan ini aneh? Yah karena saya ngotot jalan kaki, kalau panas banget biasa saya pake payung, kalo hujan ya pake payung hujan sambil jalan. Belum lagi kalau biasa saya telat, dan jalannya sedikit laju dan lari naikin tangga ke kampus saya yang di lantai empat, bener-bener bakar kalori dah, nyampe kelas keringetan,MySpacetapi ya asikin ajalah.

Kalo inget salah satu iklan susu, ayo melangkah sepuluh ribu per hari, bener bangetlah, saya ngerasain efeknya sekarang, kebiasaan kecil yang dilakukan rutin hampir selama tiga tahun, bener-bener memberikan efek yang positif bagi saya. Yang pertama, kalau jalan kaki apalagi kawasan kampus saya termasuk rimbun dengan pohon-pohon yang ditanam sepanjang pavement, banyak oksigen yang masuk ke otak, emang sih waktu nyampe pertama di kelas ngos-ngosan , tapi kuliah yang dikasih dosen jadi lebih nangkeplah, kedua karena saya suka jalan sambil dengerin lagu-lagu bahasa asing jadi banyak kata-kata baru yang saya pelajari, yah itung-itung listening test sambil jalan, ketiga saya jadi tahu merk sepatu yang awet hehe, maklumlah saya kan lumayan shoe-holic juga dengan jalan kaki saya jadi setia sama salah satu merk flat shoe karena awet banget dipake jalan kaki padahal udah hamper bertaun-taun, tetep cantik aja dah sepatu saya, keempat ya itung-itung pake fasilitas kampuslah saya bersyukur dah kampus saya memang nyediain tempat untuk jalan kaki pavement khusus yang dinaungi pohon-pohon rimbun, kelima jadi lebih hemat 2000 perhari, bayangkan kalau saya pergi dan pulang naik angkot khusus kampus terus ganti angkot ke rumah saya 2000x2 dan saya lakukan selama lima hari 20000 dan bayangkan yang bias ditabung selama seminggu 20000x3=60000 kali sebulan, kali setahun, alah udahlah yang penting banyak,MySpace, uangnya bisa dipake buat yang lainkan?



Mau tau bukti ilmiahnya? Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association, para ilmuwan menemukan bahwa perempuan yang rutin melakukan olahraga jalan cepat di akhir usia 30 dan 40 tahun memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah dibanding rekan mereka yang malas bergerak, ini untuk usia 30-40 tahun loh dan bayangkan kalau kita lakukan sejak lebih muda wah, lebih berlipat lagi deh efek positifnya. Dan kalau mau tahu lebih banyak lagi manfaatnya baca aja di e-kompas atau jurnal-jurnal kesehatan yang banyak banget meriset tentang manfaat jalan kaki. Makanya jangan males jalan, manfaatnya lebih nyata kok daripada maksain bangun tiap minggu subuh buat jogging yang cuma dilakukan seminggu sekali(nyindir diri sendiri nih ye). Ayok jalan kakiiiiMySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar