Senin, 28 November 2011

Tentang skripsi temen-temenku

Sudah lama ya aku ga pernah nulis blog ini atau lebih tepatnya mempublish. Yap beberapa hari ini jujur aku sedang galau parah, asli. Ini bermula dari kalender akademik yang memberitahukan aku bahwa pendaftaran sidang skripsi untuk tahun ini ditutup pada bulan November 2011 ini. Akan dibuka lagi awal Januari 2012, dan itu pun untuk sidang tanggal 23-27 Januari 2012 yang pada hari-hari itu juga dilaksanakan wisuda. Hufff... padahal aku dah janji ma ibu ayahku buat wisuda januari 2012 ini.
Asli beberapa hari ini very-very galau, sampe aku ga mood buat ngerjain skripsi yang tela sukses dikaligrafi ma dosbingku. Ga bisa menuntut apapun. Dan yang bisa aku lakukan saat ini adalah mencoba bangkit di tengah keterpurukan. So, aku mencoba mengikuti beberapa seminar motivasi dan bedah buku motivasi. Yang pertama adalah bedah buku 9 summer 10 autumsnya Iwan Setyawan. Ada bedah bukunya juga lho dan Alhamdulillah aku juara pertama, cihuuy seumur-umur kutan lomba nulis baru kali ini aku dapet juara pertama.
Di akhir-akhir acara aku ga mau kaya peserta lain yang cuman minta tanda tangan kemudian udah pergi, ga ada kesan sama sekali, makanya aku ikut bedah buku. Kebetulan moderatornya senior deketku mas Pariman. Jadi aku nempel terus sampe akhirnya bisa speak-speak langsung. dan minta tanda tangan buat bukunya
Mas Pariman : Saya mau minta tanda tangan nih
Pak Iwan : Owh, thanx ya
Mas Pariman : Sama kasih buku saya
Pak Iwan : Lho, kamu nulis buku juga ya? Sialan lo, makanya tadi di depan aku ngerasa very special banget, ternyata lo nulis buku juga, sialan lo
Mas Pariman : Hehe iya ini juga saya tulis sebelum saya lulus 6 tahun 7 bulan.
Pak Iwan : Iya gak papa, banyak temenku yang lulus lama tapi dia ga hasilin apa-apa percuma banget. Makanya saya meskipun ga ikut apa-apa, saya komit buat lulus cepet dan jadi wisudawan terbaik.
Aku : Pak, saya juga mau minta tanda tangan
Pak Iwan : Oh, thanx ya, eh, tadi kamu yang juara 1 nya ya? congratz ya, maaf tadi lagi banyak yang minta tanda tangan"
Aku : Iya Pak
Pak Iwan : Udah semester berapa?
Aku : Aduh, berapa ya? Banyak deh,
Pak Iwan : jangan-jangan 7 tahun juga?
Aku : Gak lah, baru 5 tahun... (Asli sebenernya nusuk banget??? haiaaah)
Pak Iwan : Cepet lulus ya (Jleb asli nusuk banget : D )

waktu pak Iwan mau balik ke Hotel, dia nyalamin aku ma mas Pariman
Pak Iwan : (Sambil salaman) Beneran kita kontak-kontak ya
Mas Pariman : Okay
Pak Iwan  : (nyalamin aku) mmm, kamu cepet lulus aja deh
Aku : (Gubraaag masih inget aja dia)


Terus pas mau naik taksi, salaman lagi
Pak Iwan : (Nyalamin mas Pariman) kita kontak-kontakan ya
Mas Pariman : Sip
Pak Iwan :  (Nyalami aku) hhh, cepet lulus aja deh
AKu : (Jedug-jedugin kepala ke tembok)

but, sangat berkesan banget, hari keduanya aku pun ikut training EQ with Bong Chandra, motivator termuda se-Asia. Asli aku ga bisa konsen buat ikut tu seminar, karena roomnya hot, panas, sampe pmbicaranya juga buka jas. Tapi akhirnya aku malah lebih asyik ngamatin perilaku peserta training, setidaknya aku membagi beberapa tipe peserta training, yaitu


1. Peserta serius, biasanya dia sangat antusias dengan apa yang disampaikan pembicara, selain itu tangannya selalu aktif mencatat setia materi berharga dari pembicara, giliran bertanya dia akan langsung dengan semanta mengacungkan tangan, bila perlu berdiri di atas kursi.

2.Peserta tidur, dia hanya terpesona dengan pembicara di awal, tapi ketika materi berlangsung dia sukses tertidur.

3.Peserta ngobrol, dia lebih milih asyik ngobrol dengan teman sebelahnya entah tentang apapun, yang jelas bukan materi yang sedang dibicarakan saat itu.

4.Peserta Pacaran, ya mungkin mereka jenis yang unik karena memilih pacaran di tempat seminar bukan di bioskop.

5.Cari link, nah peserta ini cukup bermutu karena dia bisa memanfaatkan moment untuk membangun jaringannya, bila perlu dia yang mungkin juga seorang pedagang akan membawa barang samplenya untuk dijual.

6. Peserta nggaya, ntahlah kadang ada saja peserta yang berdandan kaya mau nampil di catwalk (Kucing jalan), dandanannya kadang juga mengganggu konsentrasi peserta lainnya.

7. Peserta terpesona, dia mungkin agak satu level dari peserta serius, hanya saja dia hanya terpesona dengan pembicaranya sampe-sampe dia melongo waktu dengerin pembicara ngomong, sering-sering peserta seperti ini juga telmi, misal temen sebelahnya nanya, "Eh tadi dia bilang apa?" "Ga tau" ""Lha lu daritadi merhatiin apa?" Peserta ini juga biasanya akan semangat klo ada kesempatan bisa minta tanda tangan atau sekedar say hallo ma pembicara.

8. Peserta handphone, entah telpon atau sms, biasanya kan bilang, "Eh aku sekarang lagi di seminarnya Pak Z lho, keren abis men, eh gimana kabarmu?" intinya waktu dia cuman habis buat nelpon or smsan.

9. Peserta foto-foto, ini lebih seringnya cewek, merhatiin materi juga ga karena foto-foto sendiri, giliran dah selese dia langsung minta foto bareng ma pembicara.

10. Terakhi adalah peserta pencari sertifikat, dia yang penting dateng entah aktivitas apapun yang akan dilakukannya, baik itu iseng nyatet, merhatiin tapi kadang juga ga, klo berani entar juga nanya, intinya tujuannya adalah untuk mendapatkan sertifikat, klo sertifikatnya belum tersedia hari itu, dia akan terus mengejar sampe dapet.

Ya kategorisasi ini ga baku sih, bisa campur-campur atau mungkin ada tipe peserta seminar lain ...

Ya sejujurnya pun beum banyak ngefek ke aku.

Aku mau bercerita tentang temen-temenku dan skripsinya
ada banyak temenku yang punya experience yang unik bagiku. Ada temenku Bogi yang skripsinya didaftarin ma temenku lainnya Gani. Gani bilang gini, "Pokoknya aku ga rela klo Bogi ga sidang Desember 2011 ini" buset ada ya temen sebaik dia, pikirku. Ada ga temenku yang mau kek gitu??? huhuhu terharu, padahal Bogi posisinya pada waktu itu ge di rumah, sedangkan pendaftaran skripsi minggu itu yang terakhir. Jadilah Bogi menyelesaikan softnya kemudian diemail ke Gani, dan Gani yang neprint, jilidin, mpe ngurusin ke biro, gila pikirku... congratz deh Bog, and salut ma Gani, dkk yang mau ngurusin skripsinya Bogi ^^b
Ada juga temenku yang colaps kaya aku. Sudah sampe BAB III tapi ternyata disuruh ganti judul, gimana dah stres. Ngerjain mpe BAB III aja tu juga dah pengorbanan yang berdarah-darah. Akhirnya semangatnya seakan tenggelam dan aku ga tau kabar skripsinya lagi.
Temenku yang ibunya juga dosen di UNDIP meskipun di fakultas yang berbeda. Lha ini temenku yang unik, mood-moodan buat ngerjain skripsi mpe akhirnya ibunya sendiri harus ikut turun tangan bantuin tu bocah ngerjain skripsinya dengan iming-iming cepet nikah. haha
Mungkin dari temenku yang unik, temenku yang ga ada kabar ga ada apa tiba-tiba dikabarkan udah lulus. AKu yang hampir setiap hari ke kampus aja ga pernah liat di kampus buat bimbingan misalnya, tiba-tiba kata adek kostnya udah lulus. Mungkin dia terobses sama film 3 idiot kali ya? Meninggalkan teman-temannya tanpa mengucapkan say good bye.
Ya itulah temen-temenku dan kisahnya tentang skripsi, mungkin masih banyak lagi, next time aku ceritain lagi...

See You At The Atap...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar