Sabtu, 06 Agustus 2011

Sidang SKRIPSI samakah dengan Sidang Tilang?

Sidang SKRIPSI Vs Sidang Tilang

Aku masih belum bisa membayangkan seperti apa rasanya sidang skripsi itu? Cerita dari temen-temenku, sidang skripsi itu sangat menakutkan. Keringat dingin sampe keringat panas bisa keluar ketika kita sidang skripsi.

Bayanganku langsung kebawa ke sidang tilang. Hmmm, sama gak ya sama sidang tilang? Klo sidang tilang aku pernah sekali menggantikan temanku yang kebetulan gak bisa dateng. Tapi masalahnya sidang skripsi gak bisa digantikan, ‘Eh, gantiin dunk sidang skripsiku, aku takut nich’ atau ‘eh, mau gak gantiin sidang skripsiku? Aku lagi ikut sidang tilang nich’ atau ‘Bu, saya udah pernah ikut sidang tilang, boleh ga ikut sidang skripsi?’ eh, gak ada hubungannya sidang skripsi ma sidang tilang. Lebih-lebih klo lu bilang, ‘Aku salah apa? Tidak lepaskan saya, saya tidak ingin sidang skripsi, saya tidak bersalah’ Iya, gak sampe segitunya kaleee…

Sekalipun kamu sidang pidana sekalipun, gak akan bisa menggantikan sidang skripsi. Itulah mengapa sidang skripsi terbilang sangat menyeramkan, denger-denger nich lu bakalan dibantai. Lu bakalan dicincang abis, digorok pake gobang, abis tu tubuh lu diawetin. Gak segitunya kale… Istilah bantai mengacu pada penyerangan secara sadis dalam kasus pembunuhan. Entah, sejak kapan istilah pembantaian muncul dalam sidang skripsi. Aku menduga istilah ini muncul pertama kali ketika dulu ada seorang mahasiswa yang sidang skripsi kemudian dibunuh beramai-ramai, karena si mahasiswa meneliti tentang kisah perselingkuhan dosen pengujinya sendiri. Haha … garing banget dah …

Perasaan ketika akan sidang seperti seseorang yang sebentar lagi akan dikeluarkan dari kandang macan. Jadi harus melawan macannya dulu. Bedanya klo di kandang macan lu ngelawan tu macan kalah, lu langsung disate idup-idup. Tapi, klo di sidang skripsi lu gagal, palingan suruh ngulang atau minimal revisi. Gak mungkinkan lu bakal disate ma dosen-dosen lu, emangnya dosen lu kanibal? Gak mungkin juga tu macan klo lu gagal lawan macannya, macannya akan bilang, ‘eh, lu latihan lagi dah, besok lawan gue lagi, masih cemen lu.’

Selanjutnya, hal yang bikin aku bingung, kenapa ketika sidang skripsi pada pake baju bagus-bagus. Persis kaya lebaran aja, bajunya bagus-bagus, dandannya cantik-cantik, ganteng-ganteng, kaya mau kondangan aja. Tapi, aku nyadar klo rasanya akan aneh jika kita sidang pake kaos oblong bertuliskan “… U “ (tau ndirilah) ma celana jeans plus sandal japit, lebih gila lagi klo sambil ngrokok pula. gokil abis nich mahasiswa klo kaya gini sidangnya. ‘Eh, lu tau gak pak, subjek gue tu gila karena ngawinin ayam, gak tau tu ayam kenapa juga mau ma tu orang?’ pasti dech dosen pembimbingnya cuman pada mlongo…

Ya mengenakan baju yang rapi juga perlu tapi juga gak boleh terlalu berlebihan sampe pake konde segala, bagi yang cewek. Yang cowok pake kopiah juga. Lha, ini mau sidang apa mau akad nikah??? Pa lagi, yang cewek pake rok super mini, aduuuh, kasian dosen pembimbingmu yang laki-laki donk, dia serangan jantung gimana ntar? Yang cowok juga sampe memperlihatkan bulu dadanya, iiih jijay … ini mah kebangetan.

Persiapan fisik juga perlu diusahakan biar gak membahayakan. Mulai bangun lebih awal, jangan sampe telat, inget jangan sampe telat. Kebiasaan jam karet made in Indonesia itu sukanya telat. Tapi pas waktu dah dateng ternyata dosen pengujinya yang belum dateng. Lha, kapan Indonesia mau maju coba??? Atau lu yang dateng telat, dan dosbingmu udah nunggu, pas lu dateng ternyata dosen lu dah jadi tulang belulang. “Aih, dah berapa lama gue telatnya? Padahal baru 50 tahun juga.”

Jangan lupa mandi, bahaya klo gak, bisa-bisa pas waktu dosen penguji tiba, bisa teriak, “AAAAAHHHH JANGAAAAN MENDEKAAAT, TIDAAAK BIARKAN AKU PERGIII, TOLOOOONG, JANGAN MENDEKAAAT, KAMU LULUS AJA GAK PAPA, YANG PENTING KAMU JANGAN MENDEKAAAT, AAAAA TOLOOOONG!!!”

Atau berlebihan mandinya, bisa-bisa lu wangi sepanjang haris sampe buat asma dosen pembimbingmu. Minimal kamu harus menghilangkan bau badan, apalagi ketika sidang tu kamu banyak berkeringat, kecuali klo kamu selalu bawa kipas angin ke mana-mana. Kecuali klo kamu sidang tilang, itu gak masalah, soalnya orang-orang di sekitarmu akan cepat-cepat mendahulukanmu supaya lu bisa keluar, karena dah gak tahan ma bau badan lu. hehe

Selanjutnya, berlatih, sangat penting. Supaya kamu bisa mendapatkan sedikit penguatan agar mengurangi grogi. Ingat mengurangi grogi. Beberapa kasus juga meskipun sudah berlatih, tetap saja masih grogi. Paling gak intensitasnya diturunkan. Berlatih di mana pun, kapan pun, dengan siapapun. Entah di kamar mandi, di warung makan, hingga di dalam angkot sekalipun, sebenernya gak penting-penting banget sich ni. Bisa dikira lu calon klien gue ntar. Latihan, selain itu melakukan visualisasi, dan relaksasi dalam beribadah, biar bagaimanapun, Tuhan lebih punya kehendak.

Klo udah stress lebih baik berhenti buat merenggangkan pikiran, otak lu dikeluarin terus direnggangin dulu klo perlu dicuci biar fresh. Abis itu dimasukin lagi. ya gak lah, maksudnya pergi ke mana kek, ke pantai kek, ke luar angkasa kek, ke gunung kek, atau ke bawah kolong meja kek. Yang penting lu inget besok lu sidang. Terpenting jangan sampai lupa klo lu sidang skripsi, bukan sidang STNK. “Eh, hari ini gue mau sidang tilang apa skripsi ya? Kayaknya TIlang dech? Kok gue nyiapin baju ginian? Mmmm, mungkin emang harus rapi kali ya sidang tilang? Tapi kok ada buku ginian? Mmmm, mungkin ntar ditanyain ma hakim ya?” Klo yang ini namanya amnesia. Makanya besok lagi klo nyuci otak pake detergen merk ‘Lain” biasanya gak terlalu bersih, sayang klo bersih, ntar lu bisa amnesia total.

Hari H, bawalah makanan untuk para teman-teman yang bersedia menemani, misalnya tumpeng, nasi padang, sate kambing, sate ayam, tempat satenya skalian dibawa, ayam bakar, ayam goreng, duren sekalian, klo perlu nasinya sekalian yang banyak, , oya jangan lupa minumnya es teh, juz (klo perlu blendernya dibawa), klo ada yang mau air putih, dibawain gallon sekalian. (Ni mau sidang apa mau piknik?). Yak lo belum mampu bawa semua itu minimal ada yang bawa wafer, biscuit, snack ringan (saking ringannya, klo dijatuhin, jatuhnya lama ke tanah, swiiing), ada juga yang bawa kacang kulit (biar awet kali ya? Klo jajan lainnya kan cepet abis).

Jangan lupa minta do’anya teman-teman yang makanin makanan yang kita bawa itu. Klo perlu sewa orang sekampung, ajak ke kampus buat ngadain do’a bersama sampe lu keluar dari ruang sidang.

‘Dek, tu di luar suara orang lagi ngapai ya?’

‘Oh, itu lagi tahlilan Bu, do’ain saya biar lulus’

“Ebuset, kenapa gak sekalian ngadain akad nikah aja?’

“Iya, Bu rencananya gitu, tu calon saya juga udah nunggu di luar sekalian ma penghulunya dari KUA’

‘TIDAAAAAK, TOLOOOOONG, KELUARKAN SAYA DARI PENDERITAAAAN INI, KELUARKAAN SAYA, TOLOOOOONG!!!!’

Ga tau dech sidangku nanti gimana?

BTW aku sok tau banget ya padahal ngerasain sidang aja belum. Klo ternyata sidang skripsi itu tidak jauh beda ma presentasi ilmiah yang biasa aku ikuti. Sepertinya aku perlu membiasakan diri kembali saja. ya, selamat berjuang aja dah buat temen-temenku, adek-adekku, ma mba mask u yang mau sidang. Semoga sukses, ingat tips-tipsku di atas bukan untuk dilakukan secara harfiah, tetapi ambil saja maknanya. Tetapi, jika mau melakukannya juga gak masalah, paling dosen penguji lu akan mengatakan, ‘TOLOOOOONG, SAYAAAA, SAYAAA SUDAH TIDAK TAHAN LAGI DI SINI, AAAA….’

Jangan jadi mahasiswa yang durhaka ma dosennya … ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar