Jumat, 11 Maret 2011

surat-suratan


Sekarang masih suka surat-suratan?

Yah mungkin, kesannya surat itu jadul apalagi sekarang udah ada email, ym, twitter, bbm-an, atau apalah namanya, yang bisa jadi tempat meluapkan segenap perasaan, komunikasi jadi makin lancar, tidak butuh waktu berhari-hari untuk menyampaikan sebuah pesan.

Tapi rasanya kangen juga dengan surat-suratan, bayangin jaman dulu, waktu kira-kira saya masih seumur jagung, masih SD gitu, rasanya seneng banget kalau ada Pak Pos dateng ke rumah. Kalau dapet surat kita sekeluarga duduk sama-sama baca surat itu, dibacain nyaring-nyaring supaya semua denger eh malah belum cukup, kalau udah selesai masing-masing pengen liat dan baca sendiri lagi.

Saya jadi inget, dulu abang dan kakak saya pada kuliah di pulau lain, jauh dari rumah, komunikasi jadi sangat berharga, telepon interlokal yang tarifnya muahal kalo sebelum jam sembilan malem jadi pertimbangan kalau mau nelepon seseorang di ujung pulau sana, yang gak punya telepon rumah bela-belain ke wartel. Saya jadi inget dulu orang rame ngantri di wartel untuk nelepon sanak keluarga yang jauh di seberang, belum lagi biasa ngomongnya pake teriak-teriak karena biasa suaranya gak jelas alhasil satu kampung tau percakapan yang bersangkutan.

Kemarin Pak Pos datang ke rumah saya, mengantarkan paket berharga dari negeri yang jauh dari seseorang yang spesial *ehem* eh tuh Pak Pos nanyain kakak saya, wah gak nyangka dianya, ternyata saya adek langganannya, dia cerita kalau dia udah lebih enam belas tahun mengantar surat, salah satu pelanggannya ya kakak saya, dia bilang, wah pasti kakakmu udah punya banyak anak ya *masih dua aja kok*. Wah, siapa sangka ternyata Pak Pos yang setia itu jadi saksi alur kehidupan. Tidak hanya pembawa berita dan paket.

Jaman sekarang orang-orang ke kantor pos cuma untuk kirim surat lamaran kerja, bayar listrik, ambil uang pensiun, atau beli matere.

Ada rasa yang lain saat kau menandatangani bukti kalau kau menerima surat atau paket yang ditujukan padamu, rasa yang lain saat membaca nama pengirim yang tertera di amplop, rasa yang lain saat kau mulai membuka amplop itu, rasa yang lain saat kau melihat ke dalam amplop untuk mengetahui apa saja yang dikirimkan padamu, rasa yang lain saat kau membaca kata demi kata, dan rasa yang lain saat kau selesai membaca dan menghirup aroma kertas surat. Yang mungkin tidak kau rasakan saat mengklik tombol untuk melihat pesan baru yang masuk untukmu yang tentu saja tidak bisa kau rasakan wujudnya, hanya bisa membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar